top of page
Search

Indonesia-Japan Strategic Partnership: Kerja Bersama-Maju Bersama


Sambutan Rektor Universitas Darma Persada

Dr. H. Dadang Solihin, SE, MA

Pada Kuliah Umum Duta Besar Jepang HE Mr. Masafumi Ishii

Jakarta 12 Oktober 2017

Yth. Duta Besar Jepang untuk Republik Indonesia Y.M. Bapak Masafumi ISHII

Yh. Minister/Director of Information and Culture Section Kedutaan Besar Jepang untuk Republik Indonesia Mr. Ryo NAKAMURA

Yth. Staf Departemen Kebudayaan/Staf of Department of Culture Kedutaan Besar Jepang untuk Republik Indonesia Mr. Hirokazu KUBO

Yth. YMS

YTH. Para Dosen dan Jajaran

Yang saya cintai dan saya banggakan para mahasiswa Unsada


Assalamualaikum WR WB

Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua

Terima kasih atas kesediaan yang mulia Mr. Masafumi ISHII untuk berkunjung ke kampus Unsada dan berbagi ilmu kepada kami semua terutama kepada para mahasiswa Unsada, generasi muda Indonesia, tentang Indonesia-Japan Strategic Partnership: Kerja Bersama-Maju Bersama.


Sebagaimana diketahui Unsada didirikan oleh para alumni dari Jepang 31 tahun yang lalu sebagai monumen hidup persahabatan antara kedua bangsa, Indonesia dan Jepang.

Oleh karena itu dalam melaksanakan berbagai programnya, Unsada melaksanakan Visi dan Misi yang diamanatkan oleh para pendirinya, yaitu “Menjadi Universitas terkemuka di Indonesia dengan keunggulan dalam aspek Budaya yang diperkaya dengan Monozukuri serta memberi kontribusi berarti bagi pembangunan Bangsa dan Negara.”


Di samping itu, sebagai lembaga pendidikan tinggi Unsada juga melaksanakan tugas yang diberikan oleh pemerintah Republik Indonesia, yaitu melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi, yang terdiri dari Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Alhamdulillah, dalam melaksanakan Visi dari para pendiri dan tugas dari pemerintah tersebut Unsada telah dapat melaksanakannya dengan baik dan didukung penuh oleh masyarakat, dalam hal ini para orang tua mahasiswa. Kepercayaan masyarakat tersebut dapat dilihat dari semakin meningkatnya animo untuk menjadi mahasiswa Unsada. Tahun 2017 ini Unsada memiliki 1.571 mahasiswa baru, padahal lokasi kampus Unsada dikelilingi oleh banyak Universitas besar dan ternama.


Dalam melaksanakan tugas Tri Darma pertama, yaitu Pendidikan, Unsada telah mendapat kepercayaan luar biasa dari pemerintah, yang dibuktikan dengan melonjaknya peringkat Unsada dari peringkat 366/3240 PT pada tahun 2015 menjadi peringkat 109 pada tahun 2016. Pada tahun 2017 ini Unsada memperoleh peringat 86 dari lembaga survey UniRank.

Dalam melaksanakan tugas Tri Darma kedua, yaitu Penelitian, Unsada pada tahun 2016 berhasil meloncat dari klaster Madya menjadi klaster Utama. Ini adalah kepercayaan yang luar biasa besarnya kepada Unsada untuk melaksanakan berbagai program penelitian.


Dalam melaksanakan tugas Tri Darma ketiga, yaitu Pengabdian kepada Masyarakat, Unsada saat ini sudah memiliki dua Desa Binaan berbasis sumber energi terbarukan setempat, yaitu di Desa Seriwe Mataram, provinsi NTB, dan di Desa Gunung Halu Bandung Barat provinsi Jawa Barat. Manfaat dua desa binaan tersebut sudah sangat terasa sekali telah meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.


Keberhasilan Unsada dalam melaksanakan Visi-Misi dan tugasnya tersebut tentu saja tidak terlepas dari kerja sama yang sangat erat dengan pemerintah dan masyarakat Jepang yang dalam hal ini difasilitasi oleh para alumni yang tergabung dalam organisasi Persada, yaitu Persatuan Alumni dari Jepang. Dalam hal ini para pengurus Persada adalah juga para tokoh Yayasan Melati Sakura, yang dengan kepakaran dan kesabarannya membina Unsada untuk menjadi Universitas terkemuka di Indonesia.


Untuk itu sekali lagi terima kasih kepada jajaran Yayasan Melati Sakura, dan terima kasih kepada YM Duta besar Bapak Masafumi ISHII yang telah bersedia untuk memberikan ilmunya pagi ini.


Demikian yang dapat saya sampaikan.


Wabilahi taufik Walhidayah, Wassalamualaikum WR WB

Terima kasih


5 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page